Program Kerja Humas

11:31 PM





KATA PENGANTAR




                   Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkah dan Karunia-Nya, Program Kerja Urusan Hubungan Masyarakat ( HUMAS ) ini dibuat dengan tujuan untuk melengkapi dan memantapkan Program Kerja Sekolah.

                   Dalam menyusun Program ini, kami mendapat petunjuk dari Kepala Sekolah, serta bantuan teknis dari Tata Usaha ( TU ), sehingga mekanisme kerja Urusan HUMAS dapat berjalan dengan lancar.

                   Semoga Program Kerja ini dapat efektif dan efesien dalam pelaksanaannya sehingga dapat menunjang kegiatan sekolah pada khusunya, dan kegiatan Pemerintah pada umumnya.

                   Amin.


.............................

         Mengetahui  :                                                  Wakasek urusan HUMAS,
Kepala .................




........................                                           ........................

Nip. -                                                            Nip. .............







DAFTAR ISI



Halaman
KATA PENGANTAR
1
DAFTAR ISI
2
Bab I 
Pendahuluan
3

A. Pengertian
3

B. Dasar / Pedoman
3

C. Tujuan
4

D. Sasaran
4

E. Ruang Lingkup dan Sistematika
4



Bab II
Perencanaan dan Pelaksanaan
5

A. Hubungan Dengan Keluarga Guru dan Karyawan
5

B. Hubungan dengan Orangtua
5

C. Hubungan Dengan masyarakat Luas
6

D. Pendayagunaan Sumber Daya Lingkungan
6

E. Hubungan Dengan Instansi Lain
7

F. Penyelenggaraan Hari – Hari Besar Nasional
8

G. Penanganan Tunggakan Keuangan Sekolah
8



Bab III
Pelaksanaan Kegiatan
9

A. Kegiatan Hubungan dengan Keluarga Guru dan Karyawan
9

B. Kegiatan Hubungan dengan Orang Tua
9

C. Kegiatan Hubungan dengan Masyarakat Luas
9

D. Kegiatan Sumber Daya Lingkungan
9

E. Kegiatan Hubunagn dengan Instansi Lain
10

F. Kegiatan Penyelenggaraan Hari-Hari Besar Nasional
10

G. Penanganan Tunggakan Keuangan Sekolah.
10



Bab IV
Penutup
11




Lampiran – Lampiran
-





BAB  I


PENDAHULUAN

A.   PENGERTIAN


Program Kerja Bidang Hubungan Masyarakat Tahun Pelajaran .............mengandung pengertian  :

  1. Program Kerja Bidang Hubungan Masyarakat artinya Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di ................., mencakup kepentingan hubungan kerja sama dengan orangtua siswa, dengan masyarakat luas, pendayagunaan sumber daya lingkungan, hubungan dengan instansi lain, penyelenggaraan Hari-hari besar nasional, dan penanggulangan tunggakan keuangan sekolah ( SPP ).

  1. Tahun Pelajaran ............. artinya waktu  yang akan digunakan dalam keseluruhan kegiatan di sekolah dari mulai Bulan Juli ....... sampai dengan bulan Juli  2004.

B.   DASAR / PEDOMAN

Yang menjadi landasan dan pedoman penyusunan Program Kerja Hubungan Masyarakat adalah :

  1. Undang – Undang Nomor 2 tahun 1989
  2. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 061/V/1993
  3. Petunjuk Pelaksanaan Bidang HUMAS
  4. Kalender Pendidikan tahun .............
  5. Hasil Evaluasi Program Kerja tahun lalu.

C.    MAKSUD dan TUJUAN

1.   Maksud Program Kerja ini mempunyai tujuan untuk  :
a.    Melengkapi administrasi Pendidikan di ..................
b.    Menentukan patoka/pedoman yang jelas untuk operasional kegiatan sekolah.
c.    Menjabarkan segala peraturan dan perundangan yang berlaku di bidang Pendidikan dan Pedoman kerja lain.
d.    Lebih memperjelas langkah-langkah kegiatan semua tenaga kependidikan di ..................
e.    Menjabarkan kebijakan-kebijakan Yayasan / Kepala Sekolah.

  1. Tujuan :
Pencapaian sasaran yang telah dicanangkan secara efesien dan efektif yakni :
a.    meningkatnya Kualitas keberhasilan siswa dalam mutasi Akademik ( kenaikan kelas dan UAN ).
b.    Meningkatnya kesejahteraan tenaga Kependidikan baik materil maupun spirituil.
c.    Terpublikasinya simpati masyarakat hngga rasa kekeluargaan dapat terbentuk secara harmonis.


D.   SASARAN

Program Kerja ini diharapkan berguna terutama bagi bidang Humas sendiri, dan bagi sekolah pada umumnya, dalam melaksanakan tugas sehari-hari selama tahun pelajaran ..............

Sasaran pokok dari penyusunan Program Kerja ini adalah :

1.    Pelaksanaan fungsi dan tugas bidang hubungan masyarakat yang lebih efektif dan efesien, dinamis dan lebih bertanggung jawab.

2.    Pelaksanaan tugas bidang hubungan masyarakat, dalam rangka meningkatkan pengabdian tentang layanan hubungan dengan masyarakat luas yang terarah dan terus menerus   ( Continue ).


E.    RUANG LINGKUP DAN SISTEMATIKA

Ruang lingkup yang menjadi pokok Program Kerja Hubungan Masyarakat ini meliputi  :

  1. Program Kerja tahunan Bidang Hubungan Masyarakat ini mengandung pengertian rencana kerja sekolah yang berhubungan dan kerja sama dengan masyarakat.

  1. Laporan Kegiatan.

Sedangkan penyusunan dan urutan materi yang tertuang dalam Program ini disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut  :

Bab I       :         Pendahuluan Mel;Iputi : Pengertian, Dasar Pedoman, Tujuan,
Ruang Lingkup   Dan Sistematika.

Bab II      :         Perencanaan Dan Pelaksanaan Program Kerja Hubungan Masyarakat
Meliputi  : Hubungan Dengan  Keluarga Guru Dan Karyawan, Hubungan Dengan Orangtua Siswa, Hubungan Dengan Masyarakat Luas,Pendayagunaan Sumber Daya Lingkungan, Hubungan Dengan Instansi Lain, Penyelenggaraan Hari-Haru Besar Nasional, Dan Penanganan Tunggakan Keuangan Sekolah.

Bab III     :         Pelaksanaan Kegiatan Meliputi  : Kegiatan Hubungan Dengan Keluarga
Guru Dan Karyawan,Kegiatan Hubungan Dengan Orangtua Siswa, Kegiatan Hubungan Dengan Masyarakat Luas, Kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Lingkungan, Kegiatan Hubungan Dengan Instansi Lain, Kegiatan Penyelenggaraan Hari-Hari Besar Nasional, Dan Kegiatan Penanganan Tunggakan Keuangan Sekolah ( SPP ).
























BAB II

PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN


Perencanaan dan Pelaksanaan Program Kerja Hubungan Masyarakat meliputi  :

A.        HUBUNGAN DENGAN KELUARGA GURU DAN KARYAWAN

Hubungan dengan keluarga guru dan Karyawan dilakukan untuk :
1.    Menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan antara anggota keluarga guru dan karyawan.
2.    Kunjungan ke objek wisata tertentu guna mengurangi rasa lelah daalm melaksanakan tugas dan penyegaran dalam rangka menghadapi pekerjaan baru atau yang lain.
3.    Mengadakan gerak jalan santai keluarga.


B.        HUBUNGAN DENGAN ORANGTUA SISWA

Hubungan dengan orangtua siswa dilaksanakan untuk :
1.    Pertemuan / silaturahmi dengan orangtua siswa kelas 1 ( siswa baru )
2.    Penyampaian informasi sekolah pada setiap akhir semester sekaligus pada waktu pembagian Buku laporan Pendidikan.
3.    Penyampaian informasi khusus kepada orangtua siswa kelas III (tiga) antara lain  :
a.    Tentang kegiatan Widya Wisata
b.    Kegiatan Pemantapan dalam rangka menghadapi Ujian Akhir Nasional ( UAN )
c.    Informasi-informasi lain tentang biaya Uan dan Akhir Tahun.
4.    Informasi-informasi lain yang dianggap perlu.
5.    Kunjungan Sosial
Kunjungan sosial diadakan bila orangtua siswa mendapat musibah kematian, bencana alam, pihak sekolah mengadakan kunjungan dengan memberikan bantuan alakadarnya.

C.        HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT LUAS

Hubungan dengan masyarakat luas dilaksanakan dalam  :
1.    Penyampaian informasi tentang penerimaan siswa baru melalui Spanduk atau media lainnya.
2.    Bakti sosial kepada masyarakat misalnya : pada waktu kegiatan keagamaan diadakan QURBAN, Pemberian Bingkisan kepada sopir Angkot menjelang pelaksanaan UAN.
3.    Penyampaian informasi-informasi lain yang dianggap perlu.

D.       PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA LINGKUNGAN

      Pendayagunaan Sumber Daya Lingkungan dalam rangka menjaga , melestarikan dan memanfaatkan lingkungan termasuk didalamnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

      Dalam hal ini sekolah membentuk tim 7. K ( Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Ketertiban, Kekeluargaan, Keamanan dan Kesehatan ), yang teridi dari para guru yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah.

Adapun bidang garapannya adalah  :
1.    Kegiatan 7.K meliputi  :
a.    Objek Binaan.
-       Di luar kelas
-       Di dalam kelas
-       Di lapangan
-       Di WC ( Toilet )
-       Di ruangan – ruangan lain
-       Di halaman sekolah
-       Di lingkungan sekolah umumnya.

b.    Bidang Binaan
1.    Kebersihan
a.    Mengerakan regu piket kelas
b.    Melakukan pengawasan sebelum masuk dan setelah waktu istirahat
c.    Kerja bakti massal
d.    Teguran dan hukuman atas pelanggaran
e.    Melaksanakan kegiatan Jum’at bersih ( JUMSIH )
f.     Koordinasi dengan penjaga sekolah
g.    Lain-lain yang dianggap perlu
2.    Keindahan / Kerindangan
a.    Penghijauan di depan kelas
b.    Pemeliharaan tanaman di depan kelas
c.    Memperindah runagn kelas
d.    Lain-lain yang dianggap perlu.
3.    Keamanan  / Ketertiban
a.    Tertib dalam belajar
b.    Tertib dalam berpakaian seragam
c.    Tertib administrasi ( Agenda, Absensi , dll )
d.    Tertib dan aman dilingkungan sekolah.
e.    Dan lain – lain.
4.    Kekeluargaan
a.    Rasa setia kawan
b.    Musyawarah dan mufakat dalam memutuskan masalah.
c.    Gotong royong
d.    Saling membantu
e.    Memiliki jiwa sosial
f.     Gerak jalan santai / gembira
g.    Dan lain – lain.

5.    Kebersihan
a.    Kesehatan fisik dan mental peserta didik
b.    Melaksanakan Tes kesehatan 1 tahun seklai
c.    Pembinaan mental satu bulan sekali bagi tenaga kependidikan ..................


DAFTAR NAMA GURU PENGGERAK TIM 7.K
.................

NO
HARI
NAMA GURU
KET
I.  PAGI


1
SENIN


2
SELASA


3
RABU


4
KAMIS


5
JUM’AT


6
SABTU






II.  SIANG


1
SENIN


2
SELASA


3
RABU


4
KAMIS


5
JUM’AT


6
SABTU



E.        HUBUNGAN DENGAN INSTANSI LAIN

Hunbungan dengan instansi lain meliputi  :
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..

F.        PENYELENGGARAAN HARI – HARI BESAR NASIONAL.

Penyelenggaraan hari-hari besar nasional dan keagamaan diselenggarakan dalam bentuk Upacara, atau kegiatan lain dalam rangka memeriahkannya.

a.    Upacara yang dilaksanakan antara lain :
1.    Upacara Nasional.
Upacara Nasional dilaksanakan di sekolah atau bergabung dengan instansi lain dalam upacara  yang diadakan oleh pemerintah.
2.    Upacara Bendera
Upacara Bendera dilaksanakan setiap hari Senin pagi upacara penaikan bendera, dan pada hari Sabtu sore upacara penurunan bendera.
3.    Jadwal kegiatan upacara terlampir.

b.    Peringatan Hari Besar Agama
1.    Pengumpulan zakat fitrah siswa kerja sama dengan Dewan Sekolah dan Depag.
2.    Penyelenggaraan  Qurban dan Shalat Bersama Idul Adha.


G.       PENANGANAN TUNGGAKAN KEUANGAN SEKOLAH.

Untuk penanganan tunggakan keuangan sekolah dilaksanakan dengan cara  :
a.    Peringatan secara umum terhadap para siswa melalui pengumuman dalam upacara atau pengumuman langsung ke kelas masing-masing.
b.    Pemanggilan terhadap siswa yang menunggak untuk diberi peringatan / teguran.
c.    Apabila sangat perlu maka diadakan pemanggilan terhadap para orang tua siswa yang bersangkutan.
d.    Setiap bulan penyampaian tunggakan SPP kepada para wali kelas.
e.    Contoh balnko pemanggilan orangtua terlampir.





























BAB  III

PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    KEGIATAN HUBUNGAN DENGAN KELUARGA GURU DAN KARYAWAN

1.    Kunjungan sosial terhadap keluarga guru / karyawan yang mendapat musibah atau hajatan bersifat insidental.

2.    Wisata guru dan karyawan ke objek wisata tertentu, pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan.

3.    Gerak jalan santai keluarga

4.    Halal bi halal dengan keluarga di .................


B.    KEGIATAN HUBUNGAN DENGAN ORANGTUA SISWA MELIPUTI

1.    Silaturahmi dengan orangtua siswa kelas 1 pada awal tahun ajaran.
2.    Penyampaian informasi sekolah dilaksanakan setiap akhir semester.
3.    Penyampaian informasi orangtua siswa disesuaikan dengan kondisi waktu yang dibutuhkan.
4.    Kunjungan sosial terhadap orangtua yang mendapat musibah bersifat insidental.
5.    Kunjungan ke kelompok belajar di rumah.


C.    KEGIATAN HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT LUAS DILAKSANAKAN PADA WAKTU :

1.    Penyampaian informasi siswa baru sekitar bulan Juni sebelum hari-hari belajar efektif.
2.    Bakti sosial terhadap masyarakat dilaksanakan pada waktu hari-hari besar agama atau hari-hari besar nasional.
3.    Bakti sosial terhadap para sopir angkot dilaksanakan oleh siswa kelas 3 menjelang pelaksanaan UAN ( Ujian Akhir Nasional ).




D.    KEGIATAN SUMBER DAYA LINGKUNGAN

1.    Pemeliharaan lingkungan setiap saat secara insidental.
2.    Pemeliharaan kebersihan dengan dilaksanakannya JUMSIH ( Jum’at bersih )
3.    Diadakan lomba kebersihan antar kelas.
4.    Mengadakan Pengajian rutin setiap malam Jum’at Kliwon.


E.     KEGIATAN HUBUNGAN DENGAN INSTANSI LAIN

…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………..

F.     KEGIATAN PENYELENGGARAAN HARI – HARI BESAR NASIONAL

1.    Peringatan  hari-hari besar nasional, sesuai dengan jadwal.
2.    Upacara bendera setiap hari senin pagi dan hari Sabtu sore.
3.    Peringatan hari-hari besar keagamaan sesuai dengan jadwal.

G.    PENANGANAN TUNGGAKAN KEUANGAN SEKOLAH.
1.    Secara umum penanganan tunggakan keuangan ( SPP ) sekolah setiap bulan tanggal 15 melalui wali kelas masing-masing.
2.    Secara khusus penanganan tunggakan keuangan sekolah bersifat insidental bisa dilaksanakan kapan saja.


H.    KEGIATAN MENDUKUNG KEBERHASILAN PSB.

1.    Mengadakan kegiatan sosial. / kesiswaan yang mengakomodasi SLTP.
2.    Mekanisme pemberitaan / informasi yang sistematis kepada masyarakat / pendaftar.



BAB  IV

PENUTUP


1.    Program kerja ini hanya merupakan gambaran umum yang dijadikan patokan teknis kegiatan Urusan Hubungan Masyarakat ( HUMAS ).

2.    Program kerja ini dilaksanakan sesuai dengan waktu yang tersedia.

3.    Program kerja ini merupakan langkah awal dalam melaksanakan kegiatan sekolah.

4.    Program kerja ini bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi yang ada.


















Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Label

Action Yuk anak Android Android Klinik Apk and Software Artikel Bisnis Online Berburu Lahan berita Bisnis Forex Trading Business Online Tips Bussines Cara Sukses Bisnis Online Cari Lahan - Skenario Legal Carilah Mentor Contoh Model Baju Muslim Terbaru 2016 Deklarasikan Profesi Anda Differensiasi dan Benefit Dunia Kesenian Fashion gigi GudangmuDroid | Free Download Game Android INFORMASI SEPUTAR GURU Inspiratif Internet Marketing Tips Jaringan Listrik Di Perumahan JEPARA Kampoeng Pelangi kehamilan Kepuasan Pelanggan Kesehatan Keuangan - Menghitung Kebutuhan Modal Keuangan - Modal Kerja Kiat Sukses Bisnis Online Konsep kerjasama MPK dan (MPT + MPM) KPR - Apraisal dan Taksasi Kuliner kulit-kecantikan lain-lain makanan sehat Manajemen Resiko Marketing - Budgeting Marketing - Cost Leadership Marketing - Fokus Menciptakan Benefit Marketing - Harga Jual Marketing - Keunggulan Kompetitif Marketing - Merekrut Sales Marketing - Open House Marketing - Pembelian Kolektif Marketing - Personal Selling Marketing - Positioning Marketing - Produk Inovatif Marketing - Promosi via FB Marketing - Segmen Target Marketing - Teknik Promosi Marketing - Teknik Supporting Megurus Perijinan Membuka Toko Online Mencari Investor (Mitra Pemilik Modal) Mencari Peluang Mencari Rekanan Kontraktor Mengurus Perijinan Menunda Bayar Tanah Meringankan Cashflow Metode Quick Count Mitra Pemilik Tanah Motivasi Negoisasi Tanah - Profit Sharing obat-penyakit Online Shop pajak properti Pemasaran Pendidikan Pengurangan Laba Perencanaan Bangunan Perijinan - Pemecahan Sertipikat Perijinan Perumahan Perjanjian Dengan Investor Perjanjian Dengan Pemilik Tanah pria Produk Inovatif Promosi Advetorial Promosi Kreatif Promosi Sopping Power Properti review Ruang Marketing Rumah Murah Seni Budaya SEO Skenario Legal Social Cost Strategi DP Ringan Strategi Menyehatkan Cashflow Strategi Negoisasi Soal Aset Strategi Pemasaran - Jari Lentik Strategi Pemasaran Properti Teknik - Sub Kontraktor atau Swakelola Teknik Membuat Penawaran Lahan Teknik Mencari Lahan Teknik Mencari Pemodal Teknologi Teknologi Terbaru 2016 Teknologi Terbaru 2017 Teknologi Terbaru 2018 Teknologi Terbaru 2019 tips Tips Blogging Tips SEO Tips Sukses Bisnis Online Toko Online wanita