PROMOSI KREATIF UNTUK TARGET MARKET KOLEKTIF

4:12 PM
MAKAN GRATIS YUK 
KAMI YANG JADI BANDARNYA 


Selain berpromosi kepada target market perorangan, maka promosi ke target market kolektif juga kami lakukan. Kali ini kami memakai strategi promosi makan gratis. Kenapa kami memilih strategi ini? Karena kami ingin langsung menyasar kepada berbagai komunitas yang segmented nya sesuai dengan target market kami.

Konsep kami adalah menjemput bola, jadi kamilah yang harus bertamu ke komunitas mereka, bukan mereka yang diminta bertamu ke event atau hajatan kita. Kami sudah memiliki beberapa pengalaman dalam mengadakan event-event promosi seperti ini, dimana jika kita yang punya hajatan, maka respon dari konsumen sangat rendah. Yang konfirm hadir misalnya 50 orang, realisasi cuma 15 orang. Kenapa? Karena event kita membuat mereka menjadi orang asing, karena akan berbaur dengan orang-orang baru yang belum mereka kenal. Beda cerita jika justru kita hadir di hajatan mereka sendiri, dipastikan mereka lebih merasa enjoy karena berada di komunitasnya sendiri.

Ketimbang kami memasang iklan di koran dengan biaya 3-4 juta dengan efektivitas yang belum terukur, mending kami alokasikan budget tersebut untuk membiayai acara makan-makan komunitas atau organisasi atau institusi yang segmentasinya sesuai dengan target market kami.

Kami membuat iklan seperti gambar diatas, berharap ada respon dari komunitas yang memang punya agenda pertemuan reguler bersama anggotanya, biarlah kami hadir sebagai sponsor yang membayar nota makanan mereka. Kompensasinya tidak sulit untuk dipenuhi, yaitu cuma minta waktu melakukan presentasi selama 15-20 menit dan membagikan brosur. Ini namanya take and give, saling memanfaatkan. Siapa tahu diantara anggota organisasi / komunitas tersebut ada yang berminat membeli produk properti yang kita pasarkan.

Apakah acara ini efektif ? Belum teruji. Sejauh ini sudah ada beberapa organisasi dan komunitas yang menghubungi kami, dan rata-rata jadwalnya masih beberapa minggu kedepan. Mereka biasanya bertanya apa yang dimaksud dengan makan-makan gratis, dan kami sudah menyiapkan jawaban bahwa definisi makan gratis adalah kami mensubsidi biaya konsumsi mereka sebesar Rp. 40.000 dikalikan jumlah kepala yang hadir. Syarat minimal adalah 30 orang, dan kami berhak memutuskan apakah menyetujui atau menolak undangan mereka. Kami tetap selektif dan memfilter organisasinya. Jika yang meminta dibiayai adalah genk motor dengan anggota anak muda berusia 17 s/d 21 tahun, sudah pasti kami tolak. Tapi jika yang mengundang adalah organisasi semacam IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), sudah pasti kami siap memenuhinya.

***

Nah, ini lanjutannya ....

Pada tanggal 19 Januari 2016 yang lalu, ajakan kami mendapat respon dari IWAPI Kab. MAGELANG. Kami menjadwalkan event di Resto Ayam Kosek. Estimasi yang hadir sejumlah 35 orang, tapi berhubung saat itu hujan lebat, ternyata yang datang cuma 18 orang saja. Kami diberi waktu presentasi maksimal 30 menit, tapi saya tidak mau berpanjang lebar dan hanya menyampaikan materi secara cepat dan tuntas dalam waktu 20 menit saja.


Ibu ibunya modis dan wangi. Datangnya kebanyakan pakai mobil mobil bagus. Ada Pajero, Mobilio, Terios, dll. Pastinya tajir deh. Pengusaha gitu lho ...

Meski hanya 18 org yg hadir, tapi saya merasa ibu ibu ini prospek potensial yg sesuai segmentasinya dengan produk yang sedang kami pasarkan. Secara mendadak saya punya ide menawari mereka semua untuk survei ke 2 lokasi proyek kami, dan saya janjikan bakal isi kas Iwapi sebesar 2 jt. Yes!!! Mereka mau.

Soal nyangkut atau tidak itu urusan nanti. Yang bisa disebut PROSPEK adalah calon konsumen yg sudah survei lokasi. Dan itulah sebabnya saya pancing mereka dgn strategi ini.

Asyiiik, sebentar lagi mau survei rame rame ....










Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Label

Action Yuk anak Android Android Klinik Apk and Software Artikel Bisnis Online Berburu Lahan berita Bisnis Forex Trading Business Online Tips Bussines Cara Sukses Bisnis Online Cari Lahan - Skenario Legal Carilah Mentor Contoh Model Baju Muslim Terbaru 2016 Deklarasikan Profesi Anda Differensiasi dan Benefit Dunia Kesenian Fashion gigi GudangmuDroid | Free Download Game Android INFORMASI SEPUTAR GURU Inspiratif Internet Marketing Tips Jaringan Listrik Di Perumahan JEPARA Kampoeng Pelangi kehamilan Kepuasan Pelanggan Kesehatan Keuangan - Menghitung Kebutuhan Modal Keuangan - Modal Kerja Kiat Sukses Bisnis Online Konsep kerjasama MPK dan (MPT + MPM) KPR - Apraisal dan Taksasi Kuliner kulit-kecantikan lain-lain makanan sehat Manajemen Resiko Marketing - Budgeting Marketing - Cost Leadership Marketing - Fokus Menciptakan Benefit Marketing - Harga Jual Marketing - Keunggulan Kompetitif Marketing - Merekrut Sales Marketing - Open House Marketing - Pembelian Kolektif Marketing - Personal Selling Marketing - Positioning Marketing - Produk Inovatif Marketing - Promosi via FB Marketing - Segmen Target Marketing - Teknik Promosi Marketing - Teknik Supporting Megurus Perijinan Membuka Toko Online Mencari Investor (Mitra Pemilik Modal) Mencari Peluang Mencari Rekanan Kontraktor Mengurus Perijinan Menunda Bayar Tanah Meringankan Cashflow Metode Quick Count Mitra Pemilik Tanah Motivasi Negoisasi Tanah - Profit Sharing obat-penyakit Online Shop pajak properti Pemasaran Pendidikan Pengurangan Laba Perencanaan Bangunan Perijinan - Pemecahan Sertipikat Perijinan Perumahan Perjanjian Dengan Investor Perjanjian Dengan Pemilik Tanah pria Produk Inovatif Promosi Advetorial Promosi Kreatif Promosi Sopping Power Properti review Ruang Marketing Rumah Murah Seni Budaya SEO Skenario Legal Social Cost Strategi DP Ringan Strategi Menyehatkan Cashflow Strategi Negoisasi Soal Aset Strategi Pemasaran - Jari Lentik Strategi Pemasaran Properti Teknik - Sub Kontraktor atau Swakelola Teknik Membuat Penawaran Lahan Teknik Mencari Lahan Teknik Mencari Pemodal Teknologi Teknologi Terbaru 2016 Teknologi Terbaru 2017 Teknologi Terbaru 2018 Teknologi Terbaru 2019 tips Tips Blogging Tips SEO Tips Sukses Bisnis Online Toko Online wanita