Cara promosi blog ke ODP DMOZ

11:51 AM
Tips meningkatkan traffic pengunjung blog melalui ODP DMOZ

Cara promosi blog ke ODP DMOZ Postingan saya kali ini masih mengenai teknik SEO yaitu Promosi blog di ODP DMOZ (Open Directory Project Directory Mozilla) .  DMOZ  sebuah layanan direktori yang sangat besar. Dengan terdaftarnya blog di DMOZ maka beruntunglah  Anda  ,  Karena  DMOZ merupakan Layanan direktori search engine terbesar saat ini, jadi pastinya blog tersebut akan mudah mendapatkan SERP google ataupun search engine lainnya. Tahukah Anda dibalik kekuatan ODP (dmoz) sebagai pondasi traffic blog Anda dan jangan terkejut jika blog Anda menjadi the king pada directory search engine.

DMOZOPDOPTIMAZE

Namun memang bukan hal mudah untuk mendaftarkan blog Anda di ODP DMOZ, dan juga akan memakan waktu sekitar 2 minggu untuk menerima suatu blog, karena memang tidak sedikit yang berlomba-lomba mendapatkan perhatian khusus dari DMOZ sehingga Anda harus sabar-sabarlah untuk menunggu antrian.
DMOZ  sampai saat ini dikelola oleh hampir kurang lebih 37.000  editor sukarelawan. Memang DMOZ sangat ketat melakukan penyaringan. Jadi suatu kebanggaan tersendiri jika Anda berhasil diterimanya.bila pendaftaran anda diterima, anda akan sekaligus dimasukkan ke dalam database sejumlah search engine besar yang terkenal seperti: Google, Altavista, AOL Search, HotBot, Lycos dan lain-lain. Search engine Yahoo! pun sudah termasuk karena Yahoo! juga menggunakan database Google.
Berikut ini langkah-langkah pendaftaran pada OPD DMOZ
Untuk mendaftar di Open Directory (DMOZ) Kita mulai dari Open Directory. Masuk ke situs Open Directory di http://dmoz.org. Tampilan awalnya seperti gb. dibawah ini :

opddmoz1

Silahkan Anda Klik bagian tab link suggest URL yang terdapat di bagian atas sebelah kiri halaman awal DMOZ.  Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisi penjelasan tentang peraturan atau tata cara mengajukan pendaftaran website (How to suggest a site to the open directory). Bila Anda bisa berbahasa Inggris, ada baiknya Anda membaca peraturan ini dengan teliti. Diantara peraturan-peraturan  DMOZ yang penting untuk kita ketahui adalah:
  1. Jangan mendaftar dengan nama URL Redirection, gunakan URL asli dari webhosting anda.
  2. Jangan mendaftar website yang belum selesai, ada halaman yang sedang dikerjakan atau ada link yang terputus.
  3. Bila website anda menggunakan bahasa utama selain Bahasa Inggris, maka daftarkanlah dalam kategori World.
Setelah Anda menyetujui dengan semua peraturan yang ditentukan pihak DMOZ. Silahkan  Anda mengklik link Proceed to the Open Directory home at dmoz.org untuk memulai proses pendaftaran, Anda akan kembali dibawa ke halaman depan (homepage) dari DMOZ  seperti tanpilan contoh gambar diatas. Di situ Anda harus mencari dan menelusuri kategori dan sub kategori yang paling tepat (sesuai) untuk website yang telah Anda buat. Mengingat point ketiga yang di sebutkan di atas, bila situs Anda berbahasa Indonesia, maka kategori pertama yang harus Anda masuki adalah link World yang terdapat pada deretan link terbawah.
Klik link World. Anda akan dibawa ke daftar sejumlah link bahasa-bahasa yang terdapat di seluruh dunia yang diurut sesuai abjad. Angka-angka yang terdapat dalam tanda kurung di belakang setiap link kategori merupakan jumlah website yang telah terdaftar dalam Open Directory untuk kategori tersebut. Carilah link Indonesia. Setelah ketemu, klik link tersebut. Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya yang merupakan menu utama dari daftar kategori dalam kelompok website Indonesia.

opddmoz2

Setelah Anda klik link bahasa Indonesia , selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman yang terdapat sejumlah kategori seperti Belanja, Berita, Bisnis, Kesehatan, Kesenian dan lainnya. Pilihlah kategori yang paling sesuai untuk website Anda. Dalam hal ini saya mengambil tema blog saya tentang Bisnis lokal,  sebagai contoh. Untuk website ini saya memilih kategori Bisnis.

opddmoz3

Setelah link Bisnis diklik, kita akan dibawa ke halaman kategori selanjutnya yang di dalamnya terdapat sejumlah sub kategori seperti Barang dan layanan industri, Barang dan layanan konsumen, Direktori, Export dan Import, Enerji dan lingkungan, Otomotif, Pekerjaan  dan seterusnya. Di sini saya  mengklik link Barang dan Layanan Konsumen .

opddmoz4
Misalnya saya ingin mendaftarkan website saya sampai di kategori Barang dan Layanan Konsumen saja, tidak memasuki sub kategori yang lebih dalam, maka sampai di sini saya langsung mengklik link Suggest URL/Tambah URL  yang terdapat di sudut kiri atas halaman DMOZ. Bila Anda ingin melihat situs-situs mana saja yang telah terdaftar dalam kategori (kelompok) Barang dan Layanan Konsumen, gulunglah layar ke bawah maka di situ Anda akan melihat daftar nama-nama situs yang berhubungan dengan Barang dan Layanan Konsumen, lengkap dengan deskripsi (penjelasan ringkas) tentang isi masing-masing situs. Bila anda ingin mendaftar dalam sub kategori yang lebih dalam, klik link sub kategori yang dimaksud kemudian klik link tambah URL seperti yang telah dijelaskan tadi. Setelah Anda mengklik link tambah URL/Suggest URL  tersebut, Anda akan dibawa ke halaman Submit a site to the Open Directory. Di halaman ini Anda diminta untuk mengisi formulir registrasi seperti contoh gb. dibawah ini :

submiturldmoz1


submiturldmoz3

Isikan data-data Blog Anda yang tepat dan benar.
  1. Site URL. Masukkan alamat (URL) website anda. Ingat alamat yang dimaksud adalah alamat asli dari webhosting tempat anda menyimpan file-file website Anda. Jadi jangan memasukkan alamat URL Redirection.
  2. Title of Site. Tuliskan nama (judul)/ Tema  dari Blog/website Anda. Ingat Jangan menggunakan huruf besar semua dan jangan mengandung isi tajuk promosi iklan.
  3. Site Description. Ketikkan uraian ringkas tentang isi website Anda.
  4. Your E-Mail Address :Tuliskan alamat email valid yang Anda miliki. 
  5. Isikan dengan benar kode verifikasi yang muncul.
Setelah semua kotak-kotak isian telah Anda isi dengan benar , klik tombol Submit yang terdapat pada bagian paling bawah dari form isian tersebut.  Bila semua isian Anda benar, maka di halaman selanjutnya Anda akan mendapati tulisan Submission Received yang menyatakan bahwa pengajuan pendaftaran website Anda telah diterima. Sampai proses  ini bukan berarti website Anda telah diterima dan akan dimasukkan dalam direktori DMOZ. Anda  masih harus menunggu beberapa minggu atau bulan untuk proses verifikasi.
Jika Anda tertarik dengan ODP DMOZ…, Silahkan Anda mencobanya…mudah-mudahan Blog / Website Anda diterima…dan menjadi The King pada directory Search Engine.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Label

Action Yuk anak Android Android Klinik Apk and Software Artikel Bisnis Online Berburu Lahan berita Bisnis Forex Trading Business Online Tips Bussines Cara Sukses Bisnis Online Cari Lahan - Skenario Legal Carilah Mentor Contoh Model Baju Muslim Terbaru 2016 Deklarasikan Profesi Anda Differensiasi dan Benefit Dunia Kesenian Fashion gigi GudangmuDroid | Free Download Game Android INFORMASI SEPUTAR GURU Inspiratif Internet Marketing Tips Jaringan Listrik Di Perumahan JEPARA Kampoeng Pelangi kehamilan Kepuasan Pelanggan Kesehatan Keuangan - Menghitung Kebutuhan Modal Keuangan - Modal Kerja Kiat Sukses Bisnis Online Konsep kerjasama MPK dan (MPT + MPM) KPR - Apraisal dan Taksasi Kuliner kulit-kecantikan lain-lain makanan sehat Manajemen Resiko Marketing - Budgeting Marketing - Cost Leadership Marketing - Fokus Menciptakan Benefit Marketing - Harga Jual Marketing - Keunggulan Kompetitif Marketing - Merekrut Sales Marketing - Open House Marketing - Pembelian Kolektif Marketing - Personal Selling Marketing - Positioning Marketing - Produk Inovatif Marketing - Promosi via FB Marketing - Segmen Target Marketing - Teknik Promosi Marketing - Teknik Supporting Megurus Perijinan Membuka Toko Online Mencari Investor (Mitra Pemilik Modal) Mencari Peluang Mencari Rekanan Kontraktor Mengurus Perijinan Menunda Bayar Tanah Meringankan Cashflow Metode Quick Count Mitra Pemilik Tanah Motivasi Negoisasi Tanah - Profit Sharing obat-penyakit Online Shop pajak properti Pemasaran Pendidikan Pengurangan Laba Perencanaan Bangunan Perijinan - Pemecahan Sertipikat Perijinan Perumahan Perjanjian Dengan Investor Perjanjian Dengan Pemilik Tanah pria Produk Inovatif Promosi Advetorial Promosi Kreatif Promosi Sopping Power Properti review Ruang Marketing Rumah Murah Seni Budaya SEO Skenario Legal Social Cost Strategi DP Ringan Strategi Menyehatkan Cashflow Strategi Negoisasi Soal Aset Strategi Pemasaran - Jari Lentik Strategi Pemasaran Properti Teknik - Sub Kontraktor atau Swakelola Teknik Membuat Penawaran Lahan Teknik Mencari Lahan Teknik Mencari Pemodal Teknologi Teknologi Terbaru 2016 Teknologi Terbaru 2017 Teknologi Terbaru 2018 Teknologi Terbaru 2019 tips Tips Blogging Tips SEO Tips Sukses Bisnis Online Toko Online wanita