Empat Risiko Jika Ayah Tak Terlibat dalam Mendidik Anak

10:55 PM

Peran ayah sangat penting dalam proses pendidikan anak.
Pendidikan anak merupakan kewajiban kedua orang tuannya, ayah dan ibu. Ketidakterlibatan satu di antara keduanya akan membuat pendidikan anak tidak sempurna. Peran ayah sangat penting dalam proses pendidikan anak.
Ayah yang baik tidak boleh melepaskan tanggung jawab ini kepada istri semata atau pihak sekolah semata. Justru peran ayah dalam mendidiklah yang lebih dominan. Ayah memiliki peran untuk mengarahkan dan memberikan teladan positif bagi anak-anaknya.
Ayah juga memiliki kebijaksaan dan pola pikir yang lebih logis sehingga dapat diterima dengan baik oleh anak. Perkembangan anak sangat bergantung dari bagaimana ayah melakukan pendidikan kepada anaknya. Berikut empat risiko yang akan terjadi jika ayah tidak terlibat dalam mendidik anak.
Anak tak punya visi yang jelas
Ayah memiliki peran untuk menentukan visi pendidikan bagi anaknya. Visi inilah yang akan mengarahkan apa dan bagaimana pendidikan yang baik untuk anak. Akan diarahkan seperti apa anakanya kelak. Visi akan melahirkan goal atau tujuan yang harus dicapai dalam pendidikan. Visi ini kemudian diturunkan menjadi strategi dan arah yang harus dilalui. Tanpa visi yang jelas, pendidikan anak hanya berjalan sebagai rutinitas belaka.
Hilangnya partner berbagi dari ibu
Seringkali kesibukan bekerja menjadi alasan seorang ayah dalam turut andil mendidik anak. Beban berat mendidik anak pun jatuh ke tangan ibu. Padahal ibu juga memiliki kesibukan sendiri mengurus rumah, tentu akan membuat kelelahan ekstra dalam mendidik anak. Anak pun tidak mendapatkan pendidikan yang penuh dari ibu. 
Disinilah peran ayah seharusnya hadir. Ayah berperan untuk menjadi teman berbagi dari ibu. Ayah juga berperan untuk melahirkan solusi-solusi positif dalam mendidik anak. Sehingga ibu tidak terbebani dengan peran yang sangat berat seorang diri. Ayah melahirkan ide dan ibu yang mengeksekusi.

Anak tidak memiliki prinsip yang teguh
Sejatinya, ayah dan ibu saling melengkapi sifat-sifat yang yang akan dipegang anaknya kelak. Ibu akan melahirkan sifat yang santun, ramah, anggun, tidak berkelahi dan kasih sayang. Sedangkan ayah akan menurunkan sifat berani, terbuka, mandiri, teguh pendirian dan berprinsip. Ketidakhadiran ayah dalam pendidikan anak akan mengurangi sifat yang diturunkan tersebut. 
Akibatnya, anak mudah terbawa arus pergaulannya. Lingkungan yang kurang baik, akan sangat berbahaya karena anak yang tidak memiliki pendirian yang teguh dan berprinsip akan mudah terjangkit penyakit seperti narkoba dan masalah lainnya.
Anak terlambat dewasa
Anak yang tumbuh menjadi remaja tentu harus tumbuh pula cara berpikir dan kedewasaannya. Kedewasaan dan kemandirian anak ini harus terus dilatih agar menjadi kebiasaan. Ibu seringkali melibatkan emosinya sehingga tidak tega melatih kebiasaan tersebut. Disinilah peran ayah begitu berarti. Ayah dapat mengesampingkan emosinya sehingga lebih berani untuk mendidik kemandirian dan kedewasaan anak. Ayah yang tidak terlibat dalam pendidikan anak akan membuat anak terlambat dewasa, baik secara pemikiran maupun perilaku.
Ketidakhadiran ayah dalam mendidik anak akan membawa resiko yang berbahaya bagi perkembangan anak. Peran ayah sangat signifikan ini harus disadari sehingga pendidikan bukan lagi tanggung jawab ibu saja. Ayah harus turut andil dalam memberikan perhatian, visi pendidikan dan teladan yang baik bagi pendidikan anak.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Label

Action Yuk anak Android Android Klinik Apk and Software Artikel Bisnis Online Berburu Lahan berita Bisnis Forex Trading Business Online Tips Bussines Cara Sukses Bisnis Online Cari Lahan - Skenario Legal Carilah Mentor Contoh Model Baju Muslim Terbaru 2016 Deklarasikan Profesi Anda Differensiasi dan Benefit Dunia Kesenian Fashion gigi GudangmuDroid | Free Download Game Android INFORMASI SEPUTAR GURU Inspiratif Internet Marketing Tips Jaringan Listrik Di Perumahan JEPARA Kampoeng Pelangi kehamilan Kepuasan Pelanggan Kesehatan Keuangan - Menghitung Kebutuhan Modal Keuangan - Modal Kerja Kiat Sukses Bisnis Online Konsep kerjasama MPK dan (MPT + MPM) KPR - Apraisal dan Taksasi Kuliner kulit-kecantikan lain-lain makanan sehat Manajemen Resiko Marketing - Budgeting Marketing - Cost Leadership Marketing - Fokus Menciptakan Benefit Marketing - Harga Jual Marketing - Keunggulan Kompetitif Marketing - Merekrut Sales Marketing - Open House Marketing - Pembelian Kolektif Marketing - Personal Selling Marketing - Positioning Marketing - Produk Inovatif Marketing - Promosi via FB Marketing - Segmen Target Marketing - Teknik Promosi Marketing - Teknik Supporting Megurus Perijinan Membuka Toko Online Mencari Investor (Mitra Pemilik Modal) Mencari Peluang Mencari Rekanan Kontraktor Mengurus Perijinan Menunda Bayar Tanah Meringankan Cashflow Metode Quick Count Mitra Pemilik Tanah Motivasi Negoisasi Tanah - Profit Sharing obat-penyakit Online Shop pajak properti Pemasaran Pendidikan Pengurangan Laba Perencanaan Bangunan Perijinan - Pemecahan Sertipikat Perijinan Perumahan Perjanjian Dengan Investor Perjanjian Dengan Pemilik Tanah pria Produk Inovatif Promosi Advetorial Promosi Kreatif Promosi Sopping Power Properti review Ruang Marketing Rumah Murah Seni Budaya SEO Skenario Legal Social Cost Strategi DP Ringan Strategi Menyehatkan Cashflow Strategi Negoisasi Soal Aset Strategi Pemasaran - Jari Lentik Strategi Pemasaran Properti Teknik - Sub Kontraktor atau Swakelola Teknik Membuat Penawaran Lahan Teknik Mencari Lahan Teknik Mencari Pemodal Teknologi Teknologi Terbaru 2016 Teknologi Terbaru 2017 Teknologi Terbaru 2018 Teknologi Terbaru 2019 tips Tips Blogging Tips SEO Tips Sukses Bisnis Online Toko Online wanita